>

Belajar Bermain Gitar Melodi Sampai 12 Fret

belajar melodi gitar 12 fret
Sumber : Pixabay.com
Materi Belajar Melodi Gitar 12 fret gitar adalah materi Lanjutan belajar gitar melodi dasar pada beberapa tutorial sebelumnya. Materi belajar bermain gitar melodi sampai 12 fret bahkan lebih ini hanya untuk mereka yang telah melalui tahap belajar gitar melodi dasar yang berkaitan dengan dengan scale.

Banyak yang berpikir dan berpendapat bahwa menguasai melodi gitar bisa tanpa mengerti tentang scale yang terlalu banyak teori. Namun sebenarnya tidak demikian jika ingin ahli dalam suatu bidang. Jika kamu ingin ahli dalam bermain gitar maka kamu harus belajar tentang teori seperti scale ini.

Materi scale adalah dasar yang paling utama dalam belajar gitar melodi. Bukan hanya gitar, keyboard dan berbagai alat musik lainnya juga menggunakan scale yang jumlahnya tidak terhitung itu. Namun kita tidak perlu mengetahui semua jenis scale. Cukup beberapa scale saja, terutama scale diatonik major kamu sudah bisa bermain gitar melodi dan mengiringi semua lagu.

Sebelum melanjutkan tutorial melodi gitar lanjutan ini, saya akan berasumsi bahwa kita telah :

1. Mengetahui dan memahami scale diatonik mayor (Interval setiap nadanya)
2. Menghafal 4 bentuk melodi, yaitu C, A, G, dan F pada fret gitar berdasarkan scale diatonik major.
3. Memiliki speed fingering dan picking yang cukup

Speed adalah kunci dalam bermain gitar solo atau melodi. Mungkin kamu tidak percaya tentang ungkapan yang mengistimewakan speed ini tapi itulah kebenarannya. Kamu tidak akan dapat bermain gitar melodi dan fingerstyle tanpa memilik speed picking dan fingering yang cukup.

Baca di sini tentang manfaat dan cara mempercepat speed bermain gitar melodi.

Setelah syarat belajar gitar melodi lanjutan di atas terpenuhi maka kamu siap untuk terjun ke kelas belajar gitar melodi, cara memainkan gitar melodi sampai fret 12 ini.

Pada tahap belajar gitar melodi tentang scale dan bentuk-bentuk melodi pada scale diatonik major, kita hanya belajar pada fret-fret 1, 2, 3, dan 4. Kelebihan dapat bermain gitar melodi di semua fret dapat mempercepat proses perpindahan dari suatu not ke not lainnya. Hal ini juga sangat membantu dalam memainkan lagu yang memiliki not-not yang berjauhan jika diterapkan pada fret gitar.

Bagaimana cara bermain gitar melodi pada 12 fret gitar?

Pada tutorial ini, kita akan menggunakan nada dasar C sehingga kita memulai bermain melodi dengan memanfaatkan bentuk melodi C pada fret gitar berdasarkan tangga nada diatonik major. Ternyata bentuk-bentuk melodi yang telah kita pelajari pada blog ini merupakan suatu rangkaian yang akan mengantarkan kita pada permainan gitar melodi pada semua fret gitar.

Urutkan bentuk-bentuk melodi tersebut yang dimulai dari bentuk Melodi C, A, G dan F maka kita akan melihat rangkaian jalur melodi berdasarkan tangga nada diatonik major. Bisa dikatakan bahwa ini merupakan kombinasi semua bentuk melodi diatonik major pada fret gitar.

Bunyi Senar Gitar Open Chord

Open Chord pada gitar sama dengan fret 0 atau membunyikan senar gitar tanpa menekan fret apapun. Jika steman gitar tepat, maka bunyi nada yang dihasilkan pada setiap senar gitar adalah sebagai berikut.
  • Senar 1 nada E (bunyi mi atau 3)
  • Senar 2 nada B (bunyi si atau 7)
  • Senar 3 nada G (bunyi sol atau 5)
  • Senar 4 nada D (bunyi re atau 2)
  • Senar 5 nada A (bunyi la atau 6)
  • Senar 6 nada E (bunyi mi atau 3)
Jika melihat bunyi senar pada tunning standar di atas maka seharusnya kita sudah bisa merangkai jalur melodi selanjutnya pada setiap senarnya dengan memanfaatkan scale diatonik. Seperti yang kita ketahui scale diatonik major memiliki interval :

1  1  1/2  1  1  1  1/2 
atau 
satu (C), satu (D), setengah (E), satu (F), satu (G), satu (A), setengah (B).

Sehingga kita dapat menarik kesimpulan pada senar satu bahwa :

- fret nol sama dengan nada E,
- fret satu sama dengan nada F
- fret dua sama dengan nada F#
- fret tiga sama dengan nada G
- Sampai seterusnya pada semua fret gitar dan senar yang lain.

NB:
* Hanya E ke F dan B ke C yang menggunakan setengah nada
* Selain itu, semua menggunakan satu, kecuali menggunakan not kres dan mol
* 1 nada sama dengan 2 fret pada gitar dan 1/2 nada sama dengan 1 fret pada gitar

Namun tentu saja hal itu akan terasa sangat sulit jika kita tidak menggunakan tips dan trik memanfaatkan bentuk melodi pada diatonik mayor saat diterapkan di fret gitar. Dengan menghafal bentuk melodi C, A, G, dan F dapat memudahkan kita memainkan bentuk melodi pada semua fret gitar berdasarkan scale diatonik major.

Pada contoh ini, saya hanya akan memperlihatkan jalur melodi pada senar 1 berdasarkan bentuk-bentuk melodi. Untuk versi lengkapnya dapat memperhatikan gambar nantinya.

* Harus mengerti Scale Diatonik Major dan Minor

Dimulai dari melodi C artinya menggunakan nada dasar C.

1. Bentuk Melodi C

Pada bentuk melodi C kita bermain melodi gitar dengan menggunakan fret 0 sampai fret 3. Seperti yang kita ketahui pada bentuk melodi C senar 1 memiliki bunyi :

- E = mi pada fret 0
- F = fa pada fret 1
- G = sol pada fret 3

2. Bentuk Melodi A

Pada bentuk melodi A kita bermain melodi gitar dengan melanjutkan jalur melodi dari bentuk melodi C. Bentuk melodi A senar 1 memiliki bunyi :

- G = sol pada fret 3

3. Bentuk Melodi G

Pada bentuk melodi G kita akan bermain melodi gitar dengan melanjutkan jalur melodi dari bentuk melodi G. Bunyi bentuk melodi G pada senar 1 :

- A = la pada fret 5
- B = si pada fret 7
- C = do pada fret 8

4. Bentuk Melodi F

Pada bentuk melodi F seperti sebelumnya kita akan melanjutkan jalur melodi dari bentuk melodi G. Berikut bunyi bentuk melodi F pada senar 1 :

- B = si pada fret 7
- C = do pada fret 8

Kombinasi bentuk melodi di atas pada senar 1 memiliki bunyi:

3 = E = mi
4 = F = fa
5 = G = sol
6 = A = la
7 = B = si
1 = C = do

Silahkan lanjutkan sendiri pada senar lainnya dan fret selanjutnya.

Ini Gambar Versi Lengkapnya Jalur Melodi Scale Diatonik Major Pada Gitar
jalur melodi gitar diatonik
Jalur Melodi Scale Diatonik
Bagaimana? Mudah bukan??
Pada setiap bentuk melodi di atas, ternyata memiliki hubungan antara satu dengan yang lain sehingga jika sudah menghafal semua bentuk melodi C, A, G dan F pada fret-fret depan akan memudahkan kita dalam bermain melodi di semua fret (Contoh ini sampai fret 8 untuk senar 1)

Bayangkan jika kita harus menerjemahkan satu persatu jalur melodi berdasarkan steman standar E B G D A E bisa tambah pusing. Dengan adanya bentuk-bentuk melodi ini maka prosesnya akan lebih mudah dilakukan.

"Jika Senar 2 sama dengan B, C, C#, D, D#, lanjutkan aja sendiri karena saya lebih memilih menghafal dan menguasai intervalnya dan belajar bentuk-bentuk melodi untuk dapat bermain melodi gitar 12 fret dengan lebih cepat."

Dengan menguasai teknik bermain gitar melodi di semua fret gitar maka kesulitan demi kesulitan dalam bermain gitar semakin berkurang. Selain itu, kamu tidak perlu bermain melodi hanya dengan satu senar saja karena akan sangat melelahkan mengingat setiap nada pada fret gitar memiliki jarak yang sangat jauh untuk dijangkau jika hanya satu senar.

Selamat! Kamu telah memiliki satu lagi pelajaran tambahan tentang cara bermain melodi gitar di semua fret gitar dengan mudah. Secara tidak langsung, kamu telah mengetahui satu rahasia lagi bahwa kamu bebas menggunakan nada berikutnya yang lebih dekat, nada mi ternyata terdapat di berbagai fret gitar, ada di senar 1 fret 0 dan juga ada di senar 2 fret 5.

Demikianlah tutorial belajar bermain gitar melodi di semua fret gitar dengan mudah. Ingat! Cukup pahami interval tangga nada diatonik untuk dapat ahli bermain gitar melodi berdasarkan scale diatonik.

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Belajar Bermain Gitar Melodi Sampai 12 Fret"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel