>

2 Cara Ampuh Menemukan Melodi Suatu Lagu dengan Gitar

Cara mencari melodi lagu dengan gitar

mencari melodi lagu dengan gitar
Melody by pixabay.com
Saat melihat seseorang memainkan melodi suatu lagu dengan gitar, kita juga akan tertarik dan mencoba mencari tahu, bagaimana mereka melakukannya.
Ketika kita bertanya kepada mereka: "apa yang harus saya pelajari untuk bisa seperti anda? Atau Apakah saya bisa melakukannya??"
Mereka akan memberi jawaban: "Tentu saja anda bisa. Anda cukup menggunakan feeling"

Tentu saja, sebagian dari kita para newbe dalam hal gitar, jawaban itu sama saja dengan pertanyaan yang menghasilkan sebuah tanda tanya yang sangat besar. Namun, jawaban itu tidaklah salah. Mereka akan pusing jika akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan feeling itu. Karena feeling akan terbentuk dengan sendirinya, dan menjelaskannya akan sangat susah. Hal itu akan Anda alami jika suatu saat nanti Anda mengerti cara menggunakan feeling.

Tutorial mencari melodi lagu sendiri dengan gitar:


Scale

Mengetahui scale atau tangga nada dapat memudahkan kita untuk mencari melodi suatu lagu. Ada banyak sekali jenis scale namun yang disarankan adalah diatonic C mayor scale (recomended). Itu karena diatonic C mayor scale sangat mudah dan cocok untuk para newbe/pemula seperti saya.
Jenis-jenis scale

Dalam dunia ini, terdapat ribuan scale yang tidak perlu untuk diketahui semuanya karena kita hanya membutuhkan beberapa scale atau tangga nada yang sering digunakan dalam bemain gitar melodi.

1. Pentatonic Scale = 5 nada

Pentatonik C Mayor = C D E G A

Pentatonik A Minor = A C D E G

2. Melodic Minor/Jazz Minor Scale

A B C D E F# G#

3. Harmonic Minor

A B C D E F G#

4. Whole Tone

A B C# D# F G
5. Diatonik Scale

DIATONIK SCALE adalah tangga nada yang yang sangat direkomendasikan BAGI YANG INGIN BELAJAR MENCARI MELODI SUATU LAGU. Diatonik scale terdiri dari 7 nada utama yaitu do re mi fa so la si do'. Namun dalam suatu lagu terkadang kita juga menggunakan nada 1/2 yaitu,
do re fa so la, yaitu naik setengah nada (pada gitar 1 fret).

Notes:

- 1 fret pada gitar = 1/2 nada
- 2 fret pada gitar = 1 nada


Seperti yang disebutkan sebelumnya, belajar melodi gitar harus dilakukan step by steps. Untuk memudahkan memahami scale kita harus mengenal dan menguasai kunci gantung terlebih dahulu yang dapat dipelajari dalam belajar gitar CAGED system/open chord.

Belajar gitar melodi menggunakan diatonik scale membawa kita pada pengenalan akan 2 jenis scale diatonik, yaitu mayor dan minor.

Major Diatonic Scale
1 1 1/2 1 1 1 1/2 = C D E F G A B

Minor Diatonic Scale
1 1/2 1 1 1/2 1 1 = A B C D E F G

Untuk yang baru belajar, cukup dengan menggunakan Major Diatonik Scale dengan nada dasar C : C= do = 1. Caranya dengan mengujungi halaman tutorial belajar gitar part 7 pada blog ini.

Dari halaman tersebut kita akan menemukan gambar melodi bentuk C. Hafal letak-letaknya pada fret gitar (tidak terlalu sulit karena nada-nada do re mi-nya hanya terletak di fret 0 sampai fret 3).

Setelah melodi bentuk C kita akan menemukan melodi bentuk A (lanjutan dari melodi bentuk C tadi yang nadanya terletak di fret 3 sampai fret 6). Begitu seterusnya sampai melodi bentuk G Dan bentuk F. Bentuk melodi C A G F diatas selalu membentuk chord C di setiap fretnya, di mana chord C memiliki formula 1 3 5 atau do mi sol.

Untuk lebih memahami :

- Bermain melodi di semua fret gitar dengan bentuk melodi kombinasi

Penjelasan di atas hanya sebagai intro, saatnya untuk memulai pelajaran mencari melodi dengan scale yang sesungguhnya:

CARA 1

1. Pelajari melodi bentuk C terlebih dahulu. Trik untuk memudahkan mengingat letak nada-nadanya, pelajari tentang skala diatonik mayor, yaitu 1 1 1/2 1 1 1 1/2.

2. Cari sebuah lagu yang nada-nadanya mudah diingat disetiap fretnya. MisalKan lagu Tinggal Kenangan by Gaby. Cari not angkanya dan masukkan kedalam melodi bentuk C yang sudah dipelajari sebelumnya: 1 5 3 2 | 1 2 1 7.

3. Perbanyak mengetahui nada-nada (do re mi) suatu lagu. Hafal solmisasinya dulu, setelah itu masukkan kedalam melodi bentuk C. Saran, jika sudah lancar lagu Gaby Tinggal Kenangan, cari yang lagu yang mudah dihafal, seperti lagu nasional, lagu Kidung Jemaat (Nyanian gereja yang dilengkapi not angka), etc.

Cara 1 dan Feeling

Cara 1 di atas erat kaitannya dengan feeling. Feeling akan terbentuk dengan sendirinya, dengan banyak mendengarkan musik. Mengetahui banyak melodi lagu dapat membantu kita mencari melodi lagu yang baru didengar. Karena itu, pada tahap pertama mencari melodi lagu dengan gitar, kita disarankan untuk mengetahui banyak melodi (solmisasi) lagu, meskipun harus dihafal dulu letak nadanya disetiap fretnya.

Mereka yang memiliki feeling yang baik, dapat mencari melodi suatu lagu tanpa mengerti tentang scale. Namun scale sangat penting bagi mereka yang baru belajar.

CARA 2

Kalau kita sudah mengetahui semua yang dijelaskan diatas, saatnya untuk MEMULAI MENCARI MELODI SUATU LAGU tanpa menggunakan partitur musik tapi pada kepekaan bunyi:

1. Tentukan nada pertama, kalau susah cari satu-satu disetiap fretnya.

2. Setelah mengetahui nada pertama, selanjutnya cari nada-nada berikutnya. Caranya cukup sederhana, dengarkan dan rasakan apakah nadanya lebih tinggi atau lebih rendah dari nada pertama. Hal itu tidak terlalu susah jika kita sudah terbiasa mendengarkan solmisasi banyak lagu.

Bass (tali) 6 merupakan nada yang paling rendah dan string satu nada yang paling tinggi. Artinya String 1 lebih tinggi dari string 3.

For example, untuk melodi bentuk C di atas, yaitu diatonic scale C mayor, senar 1 di fret 3 nadanya = 5 (sol) tinggi senar 3 di fret 0 nadanya = 5 (sol) rendah

3. Intinya dengarkan dan rasakan pergerakan melodinya. Biarkan semuanya mengalir dengan sendirinya, jangan dipaksakan.

Tidak ada yang instan, feeling akan terbentuk ketika kita sudah terbiasa dan sering menggunakannya.

PRATICE MAKES PERFECT

Demikianlah tutorial belajar gitar tentang cara menemukan melodi suatu lagu dengan gitar, semoga bermanfaat!

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "2 Cara Ampuh Menemukan Melodi Suatu Lagu dengan Gitar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel