>

Sedikit Kebohongan

Sedikit Kebohongan dan Dampak Terbesarnya



Kita sering mendengar tentang kebohongan yang baik, berbohong untuk kebaikan. Namun sadarkah kita bahwa berbohong itu tidak ada yang baik, kecuali satu hal berbohong tentang keadaan baik-baik saja, dalam taraf yang aman terkendali.

Saya sering berbohong untuk kebaikan...
saya sendiri, artinya saya melakukan kebohongan sebagai suatu kebutuhan.

Saya sering berbohong untuk kebaikan... bersama, artinya sedikit bisa ditoleransi, selama tidak ada maksud tersembunyi untuk memperkaya diri sendiri dan golongan.

Saya sering berbohong untuk kebaikan... orang lain, artinya kebohongan yang mulia, yaitu kebohongan yang tidak mengambil keuntungan dan sama sekali tidak merugikan orang lain, salah satu contohnya kebohongan tentang keadaan baik-baik saja.

Apapun alasannya berbohong tidaklah baik, kecuali kebohongan nomor 3 di atas. Dampak dari satu kebohongan adalah kebohongan berikutnya yang akan menghilangkan kepercayaan orang lain meskipun telah banyak melakukan kejujuran.

Satu kali melakukan kebohongan bukan tidak mungkin beberapa orang akan mencap "Pembohong". Dan itu dapat melekat selamanya yang sangat sulit untuk dihilangkan terlebih jika terus melakukan kebohongan. Analoginya, Setitik noda hitam pakaian berwarna putih akan tampak dengan sangat jelas. Itulah sifat dasar manusia, lebih senang melihat keburukan dan kesalahan orang lain untuk dinyatakan dengan tujuan menjatuhkan. Tidak masalah ketika tujuan menyatakan kesalahan untuk memperbaiki sifat orang yang dianggap buruk tanpa ada niat menjatuhkan sedikit pun.

Sekali merusak kepercayaan orang maka tidak akan mudah memperbaikinya. Mereka akan selalu mempertanyakan tentang nilai kejujuran yang anda anut selama ini. Kebohongan jika terus dilakukan dapat saja menjadi suatu kebutuhan yang akan selalu menjadi senjata utama dalam keadaan tidak terdesak sekalipun. Kebohongan merusak citra diri dan nama baik seseorang.

Dengan sadar kita mengatakan dan menyatakan bahwa kebohongan yang merugikan orang lain adalah sesuatu yang tidak baik dan sangat menakutkan untuk dilakukan terlebih jika akibatnya fatal. Bagaimana kalau hal itu menimpa anda?

"Sedikit kebohongan dan dampak terbesarnya adalah kehilangan kepercayaan. Dan tidak mudah mendapatkan itu semua. Mendapatkan kepercayaan lebih mudah daripada mengembalikan kepercayaan yang hilang yang sebelumnya telah ada." - WAYS

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Sedikit Kebohongan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel