>

Nilai Kejujuran

Nilai Kejujuran dan Arti Berbohong untuk Kebaikan



"Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana saja!"

Kejujuran?? Berapa banyak yang kita ketahui tentang kejujuran? Arti kejujuran yang sesungguhnya? Dampak dari kejujuran dan ketidakjujuran?

Tentu kita sering mendengar tentang kejujuran dan betapa berharganya nilai dari sebuah kejujuran. Kejujuran berlaku dimana saja namun tidak dimana saja. Ada beberapa tempat dimana kejujuran adalah hal yang paling bodoh dan saya tidak perlu mengungkapkannya.

Apakah dalam kehidupan sehari-hari, kita lebih banyak melakukan kejujuran atau sebaliknya lebih banyak melakukan kebohongan? Benar, Kejujuran tidak pernah berbohong! Dengan alasan apapun, kejujuran tidak pernah berbohong. Berbohong untuk kebaikan sekali pun tidak dapat disebut sebagai kejujuran. Kebohongan tetap kebohongan, meskipun dampaknya menurut pelakunya baik bagi orang yang dituju.

Apakah kita dapat menodai nilai dari sebuah kejujuran seperti berbohong demi kebaikan orang lain? Itu hanya dapat dijawab oleh setiap orang yang melakukan kebohongan dengan dalih untuk kebaikan orang lain.

Saya sendiri, memiliki prinsip bahwa kebohongan demi kebaikan bukanlah suatu masalah. Bukan kebohongan seperti 1 + 1 = 3, tetapi kebohongan yang bersifat sementara, juga bukan kebohongan yang membodohi orang lain dan diri sendiri.

Kebohongan yang dapat mengalahkan nilai dari sebuah kejujuran adalah kebohongan tentang keadaan baik-baik saja. Saya setuju bahwa kebohongan agar orang lain tidak terlalu khawatir bukanlah suatu masalah, dalam taraf keadaan yang wajar terkendali.

Tinggalkan tentang berbohong atas dasar kepentingan dan kebaikan orang lain. Kita masuk kebaikan terpenting dari tulisan ini, nilai dari kejujuran. Kita tahu bahwa kejujuran adalah suatu keadaan yang tidak berbohong sama sekali meskipun untuk kebaikan orang lain. Kejujuran adalah melakukan dan mengatakan sesuatu sebagaimana adanya tanpa perlu memodifikasi sedikit pun agar cerita atau keadaan lebih menarik dari kejadian sebenarnya.

Dampak dari sebuah kejujuran adalah kepercayaan. Semua orang tahu, betapa berharga dan bernilainya sebuah kejujuran, karena itu sangat jarang ditemui dari zaman purbakala sampai era modern abad 21 ini. Kejujuran melahirkan kepercayaan. Dan tidak mudah mempercayai seseorang, sekali pun orang terdekat dan paling karib di dalam hidup.

Meninggalkan nilai kejujuran dengan berbohong tentang hal yang terkecil sekalipun yang merugikan orang lain, maka adalah awal dari sebuah perusakan kepercayaan. Semua kejujuran yang telah dilakukan akan hilang dengan kebohongan sekecil apapun dan seribu kejujuran akan hilang oleh satu kebohongan. Percaya atau tidak, itu hak anda!

"Kebohongan yang dapat mengalahkan nilai kejujuran adalah kebohongan tentang keadaan baik-baik saja." - Ways

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Nilai Kejujuran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel