>

Mengapa Harus Ada Penyesalan?

Mengapa Harus Ada Penyesalan?



"Seandainya saja waktu itu..."
"Anda saja aku tidak melakukan... Pasti ini semua tidak akan terjadi."


Itulah beberapa kalimat yang sering kita ucapkan ketika sudah melakukan kesalahan yang mendatangkan penyesalan. Penyesalan menunjukkan adanya kekecawaan dan perasaan bersalah karena telah melewatkan suatu kesempatan atau tidak berhasil memberikan yang terbaik pada suatu kejadian yang telah lewat.

Mereka yang mengatakan bahwa tidak perlu menyesali segala sesuatu yang telah terjadi karena tidak akan pernah terulang tidak sepenuhnya benar. Benar bahwa waktu tidak mungkin terulang dan segala yang sudah terjadi tidak akan pernah kembali. Menyesal hanya membuang-buang waktu. Namun penyesalan juga menjadikan seseorang lebih bermartabat karena karena mau mengakui kesalahannya. Dengan menyesal seseorang akan lebih bertindak dengan totalitas dan hati-hati sehingga tidak perlu menyesal untuk kedua kalinya atas kesalahan yang sama.

Namun yang juga terkadang menjadi masalah adalah terkadang penyesalan menimbulkan kekecewaan yang luar biasa yang justru menjadikan seseorang lebih terpuruk. Terjatuh ke dalam penyesalan yang teramat sangat karena telah melewatkan kesempatan tidak akan berguna sama sekali. Cukup mengerti bahwa penyesalan itu ada karena tindakan yang salah atau karena telah melewatkan suatu kesempatan. Dengan demikian, kita akan sadar bahwa sebelum atau jangan sampai penyesalan tiba, karena tidak ada yang baik dari itu semua.

Mengapa penyesalan harus ada?

Penyesalan diadakan agar manusia bertindak dengan hati-hati dan bijaksana. Penyesalan menjadikan seseorang berpikir lebih matang sebelum melakukan suatu tindakan yang akan berakibat pada penyesalan. Penyesalan menjadikan seseorang lebih takut untuk melewatkan kesempatan. Penyesalan menjadikan seseorang lebih totalitas dalam menjalani hidupnya.

Penyesalan diadakan bertujuan bukan agar manusia menyesal karena telah melakukan suatu kesalahan atau karena telah melewatkan kesempatan yang baik. Penyesalan ada sebagai peringatan dan ancaman untuk tidak melakukan kesalahan. Penyesalan ada sebagai peringatan agar tidak melewatkan setiap kesempatan terbaik yang dapat memberikan peluang untuk hidup yang lebih baik.

Karena itulah, penyesalan sebaiknya tidak pernah dan tidak perlu dirasakan. Meskipun memang kita tidak bisa mengendalikan semuanya namun setidaknya kita sebagai manusia yang memiliki pikiran dan hati akan lebih berhati-hati agar tidak menyesal dikemudian hari.

"Penyesalan diadakan bukan untuk membuat manusia merasa bersalah. Namun lebih dari itu, penyesalan diadakan sebagai peringatan agar manusia tidak perlu melakukan 'kesalahan'." - WAYS

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Mengapa Harus Ada Penyesalan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel