>

Cara Pemangkasan Tanaman Tabulampot

Cara Pemangkasan Tangkai Tanaman Tabulmppot



Dalam pemeliharaan tanaman tabulampot, pemangkasan merupakan salah satu bagian terpenting. Pemangkasan tanaman mempunyai beberapa tujuan, seperti agar tanaman cepat berbuah, pengendalian diameter tanaman atau pembentukan model tanaman.

Teknik pemangkasan tanaman pun harus diperhatikan berdasarkan tujuan pemangkasan tanaman. Pemangkasan tanaman dengan tujuan pembentukan model tanaman berbeda dengan pemangkasan untuk tujuan agar tanaman cepat berbuah.

Sebelum melakukan pemangkasan, kita terlebih dahulu mempersiapkan gunting pruning yang khusus digunakan untuk pemangkasan tangkai pada tanaman. Setelah semua alat yang dibutuhkan untuk melakukan pemangkasan, kita menuju ke objek yang akan dipangkas, yaitu tanaman.

Berdasarkan tujuan, pemangkasan tanaman dibedakan atas 2 jenis, yaitu

1. Pemangkasan Dengan Tujuan Pembentukan Model Tanaman

Pemangkasan tanaman yang pertama ini bertujuan untuk membentuk model tanaman sesuai dengan keinginan. Pemangkasan ini dapat berupa penjarangan tangkai untuk mendapatkan bentuk dan model tanaman yang terbaik.

Pemangkasan ini dilakukan sesuai dengan kebutuhan, dan hanya membutuhkan sedikit daya imajinasi dan kreatif untuk menghasilkan model yang terbaik. Pemangkasan untuk membentuk model tanaman harus memperhatikan hal-hal seperti tangkai yang harus dibuang dan yang harus ditinggalkan.

Pemangkasan model tanaman bertujuan agar tanaman tetap simetri agar tetap kuat didalam pot ketika telah berbuah lebat. Yang terpenting dari pemangkasan jenis ini adalah pembentukan model yang baik dan pembuangan atau penjarangan tangkai untuk pemaksimalan buah pada tanaman.

2. Pemangkasan Dengan Tujuan Agar Tanaman Cepat Berbuah

Pemangkasan yang kedua bertujuan untuk menghasilkan buah pada tanaman. Pemangkasan jenis ini dilakukan dengan memotong tangkai tanaman pada bagian pucuk tanaman agar tanaman cepat berbuah.

Pemangkasan untuk segera menghasilkan buah ini dapat memaksa tanaman untuk segera berbuah. Setelah pemotongan tangkai pada pucuk dan memberi pupuk pada tanaman maka tanaman akan membawa bunga bersamaan dengan munculnya tunas baru.

Pemangkasan tanaman dengan tujuan untuk menghasilkan buah harus memperhatikan nutrisi pada tanaman. Sebelum melakukan pemangkasan sebaiknya tanaman tabulampot dipupuk terlebih dahulu. Umue tanaman juga menentukan tingakt keberhasilan tanaman menghasilkan dan membawa buah.

Demikianlah tulisan tentang cara pemangkasan tanaman berdasarkan tujuan pemangkasan tanaman yang sangat mudah dan tepat jika diterapkan pada tanaman tabulampot anda. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu di tulisan selanjutnya.

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Cara Pemangkasan Tanaman Tabulampot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel