>

3 Jawaban Tuhan Atas Doa

Khotbah Kristen tentang Doa - Pada kesempatan ini, kita akan membaca renungan Kristen seputar doa yang dapat digunakan dalam ibadah Pemuda atau PPGT atau juga dalam ibadah jemaat. Mengapa doa saya belum dijawab? Apakah Tuhan mendengar doa saya? Bagaimana jawaban Tuhan atas setiap doa yang kita tujukan kepadanya? Semuanya akan kita bahas pada khotbah ini.
https://www.fullmelodies.com/2018/09/3-jawaban-tuhan-atas-doa.html
Jawaban Tuhan Atas Doa by pixabay.com

"3 Jawaban Tuhan Atas Doa"

Bahan bacaan Alkitab:

Yakobus 4:3  (Doa tidak dijawab)
Mazmur 66:18 (Doa tidak dijawab)
Yakobus 1:6-7 (Doa dengan Iman)
Matius 6:7 (Cara Berdoa yang benar)

Syalom! Puji Tuhan kita dapat berkumpul kembali di sini untuk memuji, memuliakan Nama Tuhan dan mendengarkan sebagian kecil dari Firman-Nya. Dari keseluruhan bahan bacaan kita hari ini, saya berikan tema "3 Jawaban Tuhan Atas Doa."

Saya akan mengawali khotbah tentang doa ini dengan mengajukan pertanyaan. Apa itu doa? (Memberikan kesempatan kepada beberapa anggota PPGT untuk memberikan pendapat.)

Ya, benar sekali, doa adalah nafas hidup orang percaya. Doa adalah cara berkomunikasi dengan Tuhan. Doa adalah harapan yang ditujukan kepada Tuhan. Tapi sering kali, beberapa orang Kristen khususnya kita para pemuda merasa bahwa doa kita tidak dijawab. Hal inilah yang sering kali memunculkan statement bahwa Tuhan tidak mendengar doa saya. Tentu saja tidak! Tuhan selalu mendengar setiap doa kita, bahkan sesuatu yang tidak pernah keluar dari mulut kita Tuhan tahu.

Mengapa Orang Kristen Susah Berdoa?

Pertanyaan yang ingin saya ajukan adalah berapa kali kita berdoa setiap harinya? Berapa sering kita berkomunikasi secara pribadi dengan Tuhan. Mungkin ada yanga beralasan bahwa saya tidak dapat berdoa. Saya pastikan bahwa semua kita yang hadir pada saat ini adalah orang-orang yang dapat berdoa. Masalahnya adalah apakah kita percaya saat kita berdoa? Apakah kita suka berdoa? Sering kali kita tidak berdoa karena kita malas, kita malas berdoa karena kita kurang yakin atas doa yang kita tujukan kepada Tuhan. "Jangan-jangan doa saya tidak didengar, untuk apa saya berdoa?"

Kalau doa kita tidak didengar maka kita berdoa pada patung. Tuhan kita adalah Tuhan yang hidup yang selalu mendengar setiap permohonan dan ungkapan hati kita. Yang benar adalah doa kita tidak direspon atau belum mendapat respon. Apakah Tuhan tidak peduli sehingga doa kita tidak direspon?

Jawaban Tuhan Atas Doa

1. Tidak

Mari kita lihat pembacaan kita pada Yakobus 4:3. Sering kali kita berdoa hanya untuk memuaskan hawa nafsu. Tentu saja doa seperti ini tidak akan dijawab, tidak akan dikabulkan. Doa seperti ini lebih mementingkan keinginan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Hal ini sama dalam Mazmur 66:18 yang mengatakan bahwa seandainya ada niat jahat dalam hatiku, Tentulah Tuhan tidak mau mendengar. Ini lebih tepat disebut sebagai keinginan. Doa adalah harapan akan kebutuhan dan bukanlah keinginan belaka.

Jadi, saat kita berdoa dan jawabannya TIDAK, maka kita harus sadar bahwa mungkin permintaan saya ini hanya untuk mementingkan keinginan hati saya yang sedang menyembunyikan sesuatu yang tidak berkenan kepada Tuhan. Contohnya meminta untuk menjadi kaya padahal tujuannya untuk menyombongkan diri.

2. Sabar

Jawaban Tuhan atas doa yang berikutnya adalah sabar, belum waktunya. Bukan berarti Tuhan menunda mengabulkan doa yang kita naikkan tapi kita harus percaya pada Tuhan bahwa semuanya akan indah pada waktunya. Karena itu, selalu bertekun dalam doa senantiasa kepada Tuhan dalam pengharapan yang teguh.

3. Ya

Jawaban Tuhan atas doa yang membuat kita semua senang dan nantikan adalah YA.

Itulah 3 jawaban Tuhan atas setiap doa kita. Jika doa kita berasal dari hati yang tulus dan bersih bukan hanya untuk kepentingan kita maka tidak adal alasan bagi Tuhan untuk tidak berkata ya. Namun sebaliknya, jika kita berdoa hanya untuk kepentingan diri sendiri, terlebih yang jahat maka itu bukanlah doa tapi keinginan, dan tentu Tuhan akan berkata tidak untuk itu.

Pentingnya Doa Bagi Orang Kristen

Mengapa kita harus berdoa? Jawabannya seperti pada jawaban teman-teman tadi bahwa doa adalah nafas hidup orang percaya. Ya, bisa dibayangkanlah kalau kita berdoa maka kita sama seperti orang yang tidak bernafas. Sesak dan penuh keputusasaan. Doa adalah harapan kita kepada Tuhan karena kita yakin bahwa Tuhan tidak akan pernah mengecewakan setiap kita yang datang kepada-Nya.

Cara Agar Doa Dikabulkan

Sekarang, mari kita lihat pembacaan kita dari Yakobus 1:6-7 yang membuat Tuhan selalu berkata ya atas setiap doa kita. Selama doa kita bersih dari keinginan daging maka Tuhan pasti akan berkata ya atas setiap doa yang kita tujukan kepada-Nya pada waktunya.

Saat kita berdoa maka kita harus berdoa dengan keyakinan bahwa doa itu pasti akan dikabulkan. Jika doa itu berasal dari Tuhan dan timbul dihati kita maka doa itu pasti dikabulkan. Bahkan Tuhan Yesus mengatakan saat kamu berdoa berlakulah seolah-olah kamu telah menerima apa yang kamu minta. Luar biasa ungkapan ini. Saat kita berdoa maka kita tidak boleh bimbang, kita harus percaya dalam iman bahwa kita telah menerima apa yang kita doakan. Berdoa tidak boleh ragu, tidak boleh bimbang.

Cara Berdoa

Saya tidak akan mengajarkan cara berdoa seperti bagaimana merangkai kata-kata yang baik dan benar. Cara berdoa yang saya maksud adalah bagaimana kita berdoa kepada Tuhan secara pribadi. Hal berdoa yang baik dan benar dapat dilihat dalam Matius 6:7 yang disambung dengan Doa Bapa Kami yang diajarkan oleh Tuhan Yesus. 

Saat kita berdoa secara pribadi kepada Tuhan maka kita sedang berkomunikasi dengan Tuhan. Kita tidak perlu berdoa secara terang-terangan di sudut jalan, di depan rumah. Ini adalah tentang cara hidup Kristen yang tidak menyombongkan diri secara rohani. Tuhan tidak butuh penerjamah untuk mengerti bahasa kita. Saat kita berdoa, kita cukup datang kepada Tuhan dengan penuh kerendahan hati dan keyakinan bahwa Tuhan sedang mendengar apa yang kita ungkapkan. Berdoa apa adanya dan sebagaimana keadaanmu. Datanglah kepada Tuhan setiap saat dalam doa. Percayalah doamu telah dijawab!

Kita tidak hanya berdoa untuk meminta sesuatu kepada Tuhan karena sesungguhnya Tuhan tahu yang kita butuhkan. Kita berdoa setiap saat untuk mengucap syukur kepada Tuhan karena kasih-Nya, karena pertolongan-Nya dan karena kebaikan-Nya kita dapat berdiri dengan kokoh dalam kemuliaan Tuhan yang luar biasa. Terpujilan Nama Tuhan, haleluya! Tuhan Yesus berkati! Amin.

Bagaimana dengan kehidupan kita saat ini? Apakah kita berdoa dan doa kita seakan tidak terjawab? Jika ya, maka kita harus menyelidiki hati. Kita tidak butuh alasan untuk berdoa tapi kita butuh doa setiap hari, setiap saat. Doa bukan hanya saat meminta tapi juga saat hidup dalam penuh berkat dan rasa syukur.

Demikianlah khotbah Kristen tentang doa yang dapat kita renungkan setiap saat sehingga kita selalu hidup benar atas kasih karunia Allah dalam Yesus Kristus. Semoga bermanfaat dan jangan pernah berhenti berdoa!

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "3 Jawaban Tuhan Atas Doa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel