>

Langkah Awal Belajar Gitar Untuk Pemula

Pemahaman Dasar Tentang Semua Cara Belajar Gitar Pemula


mengenal gitar dan cara belajar gitar terbaik
Pixabay.com


Belajar gitar merupakan perkara yang susah-susah gampang.


Semoga artikel belajar gitar yang akan dibahas ini dapat membuka pikiran anda yang baru memutuskan dan ingin belajar gitar. Gitar merupakan salah satu alat musik yang sangat populer, bahkan saking populernya anda dapat menjumpai alat musik ini dimana-mana. Di sekolah, di rumah-rumah, di tempat nongkrong, dan yang paling banyak di toko musik khusus gitar. “Bukankah di toko-toko musik khusus gitar memang rumahnya gitar?” Wkwkwk... Just kidding!

Sebelum terjun ke TKP, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memulai belajar gitar. Hal ini sangat penting karena untuk dapat lanjut ke tahap-tahap berikutnya anda harus menetapkan langkah awal anda dalam belajar gitar. Langkah awal tersebut diharapkan mampu menunjang dan menuntun anda dalam proses belajar gitar sampai mahir dan menjadi seorang musisi yang profesional.

Tips dan trik cara belajar gitar dengan cepat, yaitu ikuti panduan yang tepat (sesuai dengan kesukaan anda) dan kunci utamanya adalah berlatih dengan giat.

1. Di mana belajar gitar?

Tempat di mana anda belajar gitar merupakan hal pertama yang harus anda jawab sebelum menjawab pertanyaan bagaimana bermain gitar. Banyak sekali guru yang dapat membimbing anda dalam belajar gitar dari nol. Namun setiap guru memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada beberapa guru yang saya rekomendasikan untuk anda yang benar-benar serius ingin belajar bermain gitar.

A. Internet

Belajar gitar secara otodidak merupakan pilihan banyak orang. Ada banyak situs website dan blog yang memberikan tutorial belajar gitar yang sistematis dan lengkap secara gratis. Anda dapat mengikuti salah satu atau beberapa panduan dari internet untuk belajar gitar secara otodidak.
Kelebihan belajar gitar lewat internet:
-Gratis a.k.a free lesson,

Belajar gitar melalui internet memiliki peminat yang sangat besar. Hal ini dikarenakan belajar gitar lewat internet gratis atau gak perlu bayar sama sekali kecuali beli ebook khusus untuk belajar gitar dan beli kuota untuk akses internet.

-Complete and essay

Panduan belajar gitar melalui internet cukup lengkap bahkan tidak kalah dengan belajar gitar di tempat kursus. Anda dapat belajar gitar lewat blog secara teori sehingga memudahkan dalam praktek langsung. Bahkan saat ini, panduan belajar gitar lewat internet bukan hanya dalam bentuk teori melainkan dapat secara langsung anda praktekkan melalui video-video youtube yang dapat diakses secara gratis. Banyak akun youtube yang langsung memberikan panduan belajar gitar secara cuma-cuma dengan kualitas yang terjamin, seperti akun youtube teoakustikgitar, dll.
Kelemahan belajar gitar lewat internet:
-Waktu ekstra

Proses belajar gitar melalui internet membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Anda harus mengumpulkan materi-materi secara lengkap kemudian membaca dan menontonnya terlebih dahulu sebelum dapat dipraktekkan secara langsung. Sedikit saran, kumpulkan semua materi atau per bagian (part-part khusus), kemudian baca atau nonton pada waktu luang kemudian praktek. Materi belajar gitar yang tersedia di internet dapat dikatakan lebih lengkap dari pada materi belajar gitar di tempat-tempat kursus karena memiliki beberapa sumber yang berbeda

B. Less Private

Less Private atau kursus merupakan cara yang sangat praktis dalam belajar gitar. Dengan les gitar, anda yang tidak punya gitar pun dapat belajar gitar dengan mudah. Tidak sedikit yang memilih media pembelajaran ini karena sebagian orang tidak mampu fokus ketika belajar secara otodidak.
Kelebihan kursus gitar:
-Cepat

Belajar gitar melalui les sangat praktis dan tidak neko-neko. Cukup datang ke tempat kursus dan semua panduan akan diberikan oleh instructor atau guru private.

-Fokus dan terstruktur

Anda akan langsung diajari cara memainkan gitar tanpa perlu banyak membaca teori yang menguras pikiran dan waktu anda. Kursus gitar akan memberikan anda tutorial dan panduan belajar gitar dari nol sampai anda benar-benar mahir.
Kelemahan kursus gitar:
-Modal

Anda harus memiliki modal yang cukup untuk dapat mengikuti kursus atau menyewa guru private. Terkadang persoalan modal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih belajar gitar secara otodidak. Kursus gitar tidak menjamin anda dapat memainkan gitar dengan sempurna. Semua pertimbangan di atas, tergantung kepada masing-masing tempat kursus dan anda sendiri. Pilihlah tempat kursus yang berkualitas dan terjamin.

“Tidak semua yang mahal berkualitas dan tidak semua yang murah murahan”

C. Teman

Banyak anak banyak rejeki sudah tidak berlaku sejak program KB dilaksanakan. eitss... maaf maksudnya saya banyak teman banyak rejeki. Hal ini hanya berlaku jika status pertemanan anda cukup dekat. Teman merupakan guru les terbaik yang dapat menuntun anda menjadi gitaris handal. Saya mengatakan guru terbaik karena belajar gitar dari teman merupakan kombinasi dari dua media di atas, bahkan terkadang tidak perlu internet.
Kelebihan belajar gitar lewat teman:
-Murah

Belajar gitar lewat teman tidak terlalu mahal. Cukup dengan menyediakan cemilan dan kopi gratis sebagai rasa terima kasih. Bahkan, jika anda sangat dekat dengan teman anda tersebut, ia juga tidak mengharapkan hal itu dari anda. Tetapi sebagai rasa persaudaraan, urusan uang dengan sahabat bukanlah suatu masalah yang besar. hhe..hhe...

-Langsung pada inti

Belajar gitar lewat teman terkadang sangat menguntungkan dalam segi efisiensi waktu. Apalagi jika teman tersebut tidak memiliki jiwa-jiwa guru, ia akan langsung pada intinya dan tidak berbelit-belit. Dengan demikian, proses yang anda butuhkan dalam belajar gitar sedikit lebih cepat.

-Sampai mahir

Tidak ada kontrak dan masa expired, anda dapat belajar gitar dari teman anda sampai anda menyamai kemampuannya. Itu pun jika teman anda tidak bosan dengan anda yang sudah bertahun-tahun belajar gitar gak bisa-bisa. Wkwkwk...
Kekurangan belajar gitar dari teman:
-Management time

Terkadang inilah yang menjadi kendala dalam proses belajar gitar dari teman. Kita semua memiliki kesibukan masing-masing, tidak terkecuali anda dan teman anda. Anda harus mencari waktu luang dan membuat janji yang tidak mengganggu aktivitas anda dan sahabat anda tersebut. Semua pertimbangan di atas, kembali lagi kepada teman anda dan anda sendiri. Jika teman anda hanya sampai pada tahap melodi anda bisa melanjutkan ke tahap fingerstyle melalui internet dan media lainnya.

Tiga media pembelajaran di atas, hanya berfungsi untuk membantu anda dalam belajar gitar dan tidak ada satu pun media yang dapat menjamin anda akan menguasai gitar apalagi dengan proses yang cepat. Semua usaha dan latihan yang anda lakukan merupakan faktor penentu apakah anda akan berhasil menguasai gitar atau tidak.

2. Bagaimana belajar gitar otodidak?

Ijinkan saya menebak, bahwa anda pasti memilih media belajar gitar yang pertama, yaitu media internet. Pertanyaan yang paling sering dilontarkan ketika sudah memiliki tekad untuk berlatih gitar adalah bagaimana cara belajar gitar. Lebih spesifik lagi, bagaimana cara belajar gitar untuk pemula?

Tips dan trik ini lebih dikhususkan bagi kamu yang ingin belajar gitar melalui media internet. Hal pertama sebelum masuk ke tutorial belajar gitar adalah mengetahui hal-hal yang anda butuhkan dalam belajar gitar secara otodidak.

A. Gitar

Gitar merupakan alat yang paling anda butuhkan dalam belajar gitar. Anda harus memiliki gitar, entah itu membeli gitar atau meminjam gitar teman yang sudah pensiun dari dunia gitaris. Jika anda memutuskan untuk membeli gitar, berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan anda sebelum memutuskan untuk membeli gitar.

Jenis-jenis gitar yang populer di masyarakat

-Gitar akustik
belajar mengenal gitar akustik
Gitar Akustik by Pixabay.com
Acoustic-guitar merupakan jenis gitar yang popular. Perbedaan gitar akustik dengan gitar klasik antaranya terletak pada jenis tali (string) yang digunakan. Tali gitar akustik adalah steel-base string dan tali gitar classic (termasuk flamenco dan bossa-nova) menggunakan nylon-base string (tali 1-3 walaupun menggunakan steel, tapi dipasang tali base nylon).

Kelebihan gitar akustik:

1. Tanpa ampli
2. Praktis dapat dibawa kemana-mana, karena itu, belajar gitar akustik merupakan pilihan utama bagi gitaris pemula yang ingin mendalami gitar.
3. Variasi musik support untuk genre musik seperti jazz, pop, rock, dll.

Kelemahan gitar akustik:

1. Gitar akustik harus menggunakan plectrum karena senar terbuat dari baja yang dapat mencederai tangan.
2. Gitar akustik lebih mahal terutama yang sudah dimasukkan ke kategori vintage seperti Martin Guitars.
3. Kebanyakan gitar akustik suaranya kurang keras dan terkadang mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik.
-Gitar klasik
belajar gitar klasik dasar
Gitar Klasik by Pixabay.com
Classical_guitar konsepnya yang hampir sama dengan gitar akustik, tetapi menggunakan string nylon dan bodi yang sedikit lebih besar dengan ukuran yang relatif sama setiap gitarnya.

Kelebihan gitar klasik:

1. Sesuai untuk lagu lagu klasik, spanish style flamenco, bossa nova dan fingerstyle-technique.
2. Tali nylon walaupun tebal, tetapi lembut dan mudah dimainkan.
3. Cocok untuk pemula (beginner).
4. Bunyi gitar yang lebih lembut dan romantik tapi passionate.

Kelemahan gitar klasik:

1. Fretboard yang lebih lebar menyebabkan jarak string lebih jauh.
2. Harga gitar klasik berkualitas lebih mahal.
-Gitar elektrik
Gitar Electrick by Vebma.com
Electric-guitar Seperti namanya, gitar yang memerlukan listrik untuk berbunyi dan amplifier untuk mengatur sound. Genre yang biasa menggunakan gitar listrik. Rock, Metak, Punk, Alternative, Blues, R&B dll. Suara yang dihasilkan gitar elektrik jauh lebih kasar dan kencang, tidak seperti gitar akustik yang menghasilkan suara lembut.

Kelebihan gitar listrik:

1. Mudah dimainkan kerana fretboard (fingerboard) yang kecil dan tipis.
2. Suara music yang lebih luas karena bisa ditambah dengan effect seperti distortion, reverb, delay, etc.
3. Banyak variasi atau jenis bentuk gitar listrik. Antaranya adalah stratocaster dan telecaster type (Fender) atau Les Paul dan Fliying-V type (Gibson).

Kelemahan gitar elektrik:

1. Gitar listrik memerlukan ampli untuk dapat dimainkan.
2. Pada umumnya gitar listrik memerlukan biaya yang mahal.
Tips memilih dan membeli gitar akustik yang berkualitas
Jika anda memutuskan untuk belajar gitar menggunakan gitar akustik, maka berikut beberapa tips yang dapat memandu anda dalam membeli gitar akustik yang berkualitas.

1. Sesuaikan dengan budget

Carilah gitar yang sesuai dengan isi kantong anda agar dapat menentukan jenis dan kualitas gitar.

2. Bahan gitar

Pada umumnya gitar terbuat dari kayu mahogany, spruce, rosewood, nato, dan lain-lain. Gitar dengan bahan kayu rosewood dan spruce memiliki kualitas yang baik dalam hal volume suara yang keras, natural dan jernih. Pastikan neck dengan body gitar terbuat dari jenis kayu yang sama.

3. Body gitar

Tentukan bentuk body gitar yang sesuai dengan kenyamanan anda saat belajar gitar. Pastikan tidak terdapat keretakan pada gitar. Anda dapat mengetesnya dengan melihat ke dalam sound hole di bawah sinar matahari.

4. Neck gitar

Pilih neck atau stang gitar yang lurus dan tanpa ada sambungan atau yang sambungannya terlihat lebih rapi tidak muncul pada permukaan.

5. Stem

Stem gitar menggunakan aplikasi tunner dan cobalah cek suara (bunyi) gitar tersebut sebelum memutuskan untuk membeli gitar.

6. Ajak teman yang berpengalaman

Sebaiknya anda meminta orang yang lebih berpengalaman (teman anda) untuk membantu memilih jenis gitar yang berkualitas. Gitar akustik dengan tipe yang berkualitas akan menunjang anda dalam proses belajar gitar.

B. Guru dan materi

“Internet adalah guru era baru.”

Karena anda belajar dari internet maka guru yang saya maksud disini adalah situs website atau blog maupun youtuber. Pilih SATU website dan youtuber yang menyediakan konten belajar gitar lengkap mulai dari nol sampai mahir yang sesuai dengan cara anda belajar. Berlatilah dengan mengikuti panduan belajar gitar di website tersebut. Bacalah panduan tersebut dan ikuti step by steps agar proses belajar lebih sistematis dan terstrukur.

Agar lebih mudah anda dapat men-save halaman-halaman website tersebut atau men-download video-video tutorial belajar gitar di akun youtube tersebut. Jika sudah mahir bermain gitar, anda bisa belajar dari gitaris-gitaris profesional dan musisi-musisi handal dengan menonton video-video pertunjukan gitar mereka di youtube.

C. Buku gitar

Buatlah catatan inti yang dapat memudahkan anda mengingat materi-materi dari setiap halaman website dan video yang telah anda tonton. Buku ini dapat berisi inti dari sebuah tutorial belajar gitar yang telah anda pelajari.

D. Part of guitar

“Tak kenal maka tak sayang”.

Jika anda belajar gitar secara otodidak maka anda harus mengenal bagian-bagian gitar untuk dapat memahami setiap istilah yang disebutkan dalam panduan belajar gitar yang anda ikuti. Mengenal berarti mengetahui nama dan fungsi dari instrumen gitar. Hal ini sangat sangat penting untuk membuat gitar anda semakin maksimal dan memberikan pengetahuan tentang gitar yang berkualitas.
Bagian-bagian gitar dan fungsinya
The part of guitar by chordindonesia.com
1. Headstock

Terletak pada ujung neck yang memiliki fungsi sebagai penyangga senar untuk menggantungkan ujung senar

2. Tuning Machine

Bagian gitar yang berbahan besi ringan untuk mengaitkan ujung senar sekaligus stem gitar.

3. Nut

Bagian gitar yang berfungsi untuk menahan senar agar tidak bergerak.

4. Fingerboard

Bagian gitar yang berfungsi sebagai penentu nada.

5.Fret (Grip)

Grip adalah pembatas nada berbahan dasar besi yang berada pada fingerboard, fret digunakan untuk membatasi bagian nada yang berbeda.

6. Fret Markers

Fret markers adalah titik yang terletak pada fingerboard sebagai penanda oktav.

7. Sound Hole

Lubang gitar untuk mengeluarkan hasil resonasi senar yang terbentuk di dalam tabung body gitar.

8. Pick Guard

Terletak dibawah lubang gitar yang berfungsi sebagai pelindung body gitar agar tidak lecet saat gitaris melakukan strumming (genjrengan).

9. Bridge

Merupakan bagian gitar yang tersambung dengan body gitar menggunakan dua baut yang berfungsi untuk meletakkan dan menyangga pangkal senar.

10. Body Gitar

Bagian gitar yang berfungsi sebagai pengolah getaran senar menjadi suara yang dikeluarkan melalui sound hole.

E. Start

Setelah anda memahami tentang seluk-beluk belajar gitar pemula di atas, tiba saatnya untuk terjun langsung ke TKP. Tidak ada cara lain untuk mahir dalam bermain gitar selain turun langsung ke lapangan. Silahkan ikuti steps belajar gitar di situs-situs yang membahas gitar lengkap seperti slashkygitaris, teoakustikgitar, atau stay disini.Terserah karena tujuan anda hanya satu, yaitu mahir bermain gitar. Mulailah belajar gitar dengan mengenal dan mempelajari bentuk-bentuk chord dasar dalam gitar.

3. Apakah saya akan mahir bermain gitar?

Beberapa hari setelah memulai belajar gitar, terkadang timbul keraguan didalam diri setiap beginners gitaris. Mereka terkadang kesulitan dalam mencerna setiap materi sehingga merasa tidak memiliki bakat dalam bermain gitar. Pertanyaan-pertanyaan yang menggelisahkan mulai muncul dan memenuhi diri setiap beginners gitaris. Untuk mengatasi masalah ini, saya akan memberikan sedikit tips dan trik dalam berlatih gitar yang menyenangkan.
Tips dan trik berlatih gitar yang menyenangkan
1. Lokasi

Pilihlah tempat dan lokasi belajar gitar yang dapat membuat anda fokus dan bebas dari gangguan yang tidak perlu. Anda dapat berlatih di luar ruangan yang lebih dekat dengan alam atau di dalam rumah kamar anda. Carilah lokasi berlatih dan belajar gitar yang senyaman mungkin.

2. Waktu

Carilah waktu yang tepat untuk anda dalam berlatih gitar. Waktu yang tepat adalah pada pagi hari sebelum memulai aktivitas dan pada malam hari setelah semua aktivitas selesai. Berlatilah selama kurang lebih 15 menit sehari agar tidak jenuh. Ikuti panduan yang telah anda siapkan sebelumnya dan jangan melangkah ketahap selanjutnya sebelum benar-benar menguasai materi tersebut. Hilangkan keinginan untuk menguasai gitar dalam satu hari. Proses belajar gitar memakan waktu yang tidak sedikit.

“Lebih baik berlatih dan belajar gitar 15 menit setiap hari dengan rutin daripada latihan 8 jam satu minggu”

3. Komunitas

Bergabunglah ke komunitas-komunitas gitar di daerah anda. Anda juga dapat join di grup-grup sosial media dan mencari informasi dan solusi tentang kendala-kendala yang anda hadapi dalam proses belajar dan latihan gitar . Jika anda bergabung dengan orang-orang yang memiliki tujuan dan ambisi yang sama maka tekad dan semangat berlatih dan belajar gitar anda akan meningkat.
Terus.. Apakah saya akan mahir bermain gitar??
Pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh 3 tips dan trik berlatih gitar yang menyenangkan di atas. Menurut KBBI, mahir adalah sangat terlatih (dalam mengerjakan sesuatu); cakap (pandai) dan terampil.

Ketika anda berhasil menerapkan teknik berlatih dan belajar gitar yang benar-benar menyenangkan maka saya dapat memastikan bahwa anda akan mahir bermain gitar dalam waktu kurang dari 2 bulan. Semua kembali kepada anda dan seiring dengan berjalannya waktu anda akan mengalami perkembangan yang signifikan dengan satu kunci sukses berlatih gitar, berlatih dan berlatih. Mahir bermain gitar ditandai dengan dapat memainkan gitar dengan baik dan tepat (antara singer dan instrumen selaras), dapat mencari chord gitar suatu lagu sendiri dengan feeling, dan menguasai melodi dan fingerstyle.

  “Waktu hanya dapat menjawab masalah ketika anda benar-benar menginginkannya”

Demikianlah artikel tentang cara belajar gitar khusus pemula. Pada artikel berikutnya, kita akan masuk ke proses belajar gitar dasar mengenal chord atau kunci gitar dasar. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Langkah Awal Belajar Gitar Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel