>

15 Tutorial Belajar Gitar Lengkap Tahap Demi Tahap

Tutorial Belajar Gitar Lengkap Tahap Demi Tahap ini merupakan kumpulan langkah-langkah yang akan kamu lalui jika ingin belajar bermain gitar sampai tahap pro. Di sini kamu akan memulai dari belajar dari langkah pertama sehingga kamu yang baru memegang gitar pun dapat dengan mudah mengikuti tutorialnya.
tutorial belajar gitar pemula tahap demi tahap
Sumber Gambar : Pixabay.com

Belajar gitar memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pandai bermain gitar berarti kamu dapat mengiringi lagu dengan gitar dengan tepat. Untungnya, kamu yang baru mengenal mengenal gitar tidak akan berlama-lama untuk dapat dikatakan pandai bermain gitar. Cukup sampai tahap 4 di bawah ini, kamu akan dipastikan dapat mengiringi lagu. Tentu saja, itu termasuk yang sangat cepat.

Belajar gitar harus dimulai dan dilakukan secara perlahan. Baca setiap tutorial di bawah ini dan silahkan tinggalkan pertanyaan dikomentar atau lewati beberapa istilah yang belum dipahami. Karena kamu akan memahaminya nanti.

"Teori hanya beberapa menit, prakteknya yang diperbanyak!"

Membaca setiap tutorial di bawah ini tidak membutuhkan banyak waktu, hanya kurang lebih 5 menit kamu membacanya dan hasilnya kamu akan lebih mudah mengaplikasikannya pada gitar saat praktek.

Berikut 15 tutorial belajar gitar lengkap tahap demi tahap.

1. Tutorial Belajar Gitar Dimulai Dari Metode Latihan dan Konsistensi

Artikel yang pertama ini tidaklah termasuk tutorial latihan gitar namun hanya sebagai pengenalan tentang cara latihan dan bagian-bagian gitar. Di sini, kamu akan memutuskan metode latihan yang akan kamu gunakan dalam berlatih tahap demi tahap.

2. Belajar Mengenal Chord Gitar Umum dan Nada Dasar

Ini adalah tutorial gitar yang pertama. Saat kamu belajar gitar maka kamu harus mengenal chord-chord gitar. Dalam tutorial ini, kamu akan belajar kunci/chord gitar umum yang sering digunakan lengkap dengan gambar.

3. Belajar Menggenjreng Gitar Untuk Pemula

Pada tahap ini, kamu akan belajar menguasai cara menggenjreng gitar yang benar. Kebanyakan pemula sulit dalam belajar menggenjreng gitar. Tenang saja, pada tutorial ini, kamu akan belajar cara menggenjreng gitar dengan teknik yang paling dasar.

4. Cara Mencari Chord Gitar, Belajar Mengiringi Lagu Pertama

Selamat! Hanya dalam beberapa hari saja, setelah kamu menyelesaikan tahap belajar gitar ini, maka kamu sudah dapat bermain gitar. Di sini kamu akan belajar gitar dengan cara yang paling baik dan berguna sehingga kamu dapat mengiringi lagu pertama kamu dengan tepat.

5. Belajar Petikan Gitar Teknik Fingerpicking Dasar

Setelah dapat mengiringi lagu dengan genjrengan, kamu tidak boleh berpuas sampai disitu saja. Sekarang kamu harus bermain gitar dengan tingkat yang semakin tinggi dengan mempelajari teknik gitar petikan.  Tahap ini kamu akan belajar memetik gitar menggunakan 4 jari, bukan seperti banyak tutorial gitar yang mengajarkan teknik memetik senar gitar dengan 5 jari.

6. Rahasia Stem Gitar Secara Manual Tanpa Aplikasi

Banyak yang mengatakan, kalau seseorang dapat melakukan tuning pada gitar tanpa bantuan aplikasi maka ia sudah dapat mencari chord gitar suatu lagu. Jika hal itu benar, kamu pun pasti belum bisa menyetem gitar dengan benar sekalipun kamu sudah dapat mengiringi beberapa lagu. Hal ini karena kamu belum mengenal nada pada setiap senar gitar. Untuknya pada tutorial stem gitar ini, akan diberikan beberapa tahap cara stem gitar secara manual tanpa bantuan aplikasi sehingga dapat melatih feeling dan pendengaranmu.

7. Belajar Menghafal Semua Chord Gitar Menggunakan Kunci Gantung Gitar

Sebagai pemula, mengenal kunci gantung menjadi salah satu momok yang sangat menakutkan dalam belajar gitar, Eitss! Tunggu dulu! Kamu harus melihat beberapa keunikan dari chord gantung ini. Chord gantung pada gitar memiliki pola yang sama di setiap fret gitar sehingga dapat memudahkan gitaris dalam menghafal semua chord gitar dengan memanfaatkan interval atau tangga nada.

8. Belajar Melodi Gitar Dasar, Rahasia Menguasai Scale

Jika kamu kesulitan dalam belajar gitar melodi itu bukanlah kesalahanmu. Kamu hanya perlu mendapatkan tutorial belajar gitar melodi yang tepat. Pada tahap belajar gitar ini, kamu akan diajarkan tentang dasar melodi, mengenal scale dan cara mudah belajar gitar melodi yang menantang namun tetap menyenangkan.

9. Teknik Latihan Mempercepat Fingering dan Fingerpicking, Sederhana Tapi Terbukti!

Sehebat apapun permainan gitarmu, kalau tidak didukung oleh kecepatan fingering dan picking maka tidak ada gunanya. Untuk dapat mengiringi suatu lagu dengan gitar maka kecepatan berpindah tangan adalah hal yang mutlak dimiliki.

10. Belajar Gitar Melodi Mengiringi Lagu Pertama Yang Cocok Untuk Pemula

Sama halnya dengan belajar gitar pada pertama kali, menguasai banyak teori tanpa praktek pada hakekatnya adalah hampa. Oleh sebab itu, saya memberikan teori sekaligus praktek sehingga kamu dapat berkembang dengan cepat. Pada tutorial belajar gitar ini, kamu akan diajarkan cara mengiringi lagu pertama dengan gitar melodi dengan teknik melodi dasar.

11. Dasar dan Inti dari Permainan Gitar Fingerstyle

Setelah mengetahui permainan gitar melodi yang kamu butuhkan sekarang adalah teknik gitar dewa, yaitu fingerstyle. Tentu saja, latihan fingerstyle tidaklah semudah belajar gitar genjreng dan petikan. Namun menguasai 2 teknik dasar dalam permainan gitar tersebut dapat membawamu menggapai teknik gitar fingerstyle yang keren. Kamu hanya butuh latihan dan kerja keras!

12. Kumpulan Teknik-teknik Gitar Dasar Sampai Tahap Pro Fingerstyle

Sebelumnya kamu hanya belajar teknik gitar fingerstyle dasar bahkan sangat dasar. Pada tutorial ini, kamu akan belajar teknik-teknik gitar dasar yang sangat sering digunakan dalam permainan gitar melodi terutama fingerstyle.

13. Bermain Gitar Melodi Sampai Fret 12 dengan Praktis

Ini merupakan tutorial belajar gitar lanjutan di mana kamu akan belajar tutorial menguasai gitar melodi sampai 12 fret bahkan semua fret gitar. Ini akan lebih mudah daripada belajar gitar fingerstyle karena kamu telah menguasai teknik melodi dasar pada tutorial-tutorial belajar gitar sebelumnya.

14. Tips dan Trik Mencari Melodi Suatu Lagu Dengan Gitar

Tidak ada jaminan untuk hal ini. Namun bisa dipastikan jika kamu menguasai tips dan trik mencari melodi suatu lagu dengan gitar ini maka kamu akan lebih mudah menggunakan feeling kamu. Tips dan trik mencari melodi suatu lagu dengan gitar ini akan membuka pikiranmu tentang belajar gitar yang sesungguhnya.

15. Dasar Bermain Gitar Petikan, Mengenal Formula Chord dan Teknik Petikan Arpeggio Sederhana

Saat kamu sudah sampai di tahap ini, yang kamu butuhkan bukan lagi banyak mengikuti partitur musik namun kamu sudah siap untuk menggunakan teknikmu sendiri. Mulailah berimprovisasi dengan kemampuan yang kamu miliki dan kamu akan puas dengan hasilnya. Petikan gitar dengan menggunakan teknik arpeggio dasar ini membuat iringan lagu semakin nikmat.

Sampai di sini, tidak perlu menunggu waktu lama dan segeralah berlatih gitar. Butuh waktu lebih dari 2 bulan bagi penulis belajar beberapa teknik gitar di atas dan masih dalam tahap belajar bermain gitar. Sebagian besar tutorial gitar yang penulis pelajari berasal dari video youtube "Teoakustikgitar".

Penulis dengan percaya diri membagikan tutorial ini karena dianggap dapat berguna dan bermanfaat untuk yang baru belajar gitar. Semua tutorial di atas merupakan suatu kesatuan. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membacanya, cukup 5 menit setiap artikelnya, 1 artikel per hari maka kamu akan lebih mudah menguasai gitar dengan cepat.

Demikianlah tutorial belajar gitar tahap demi tahap untuk pemula, semoga bermanfaat dan selamat berlatih!

"Mari kita belajar bersama-sama!"

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "15 Tutorial Belajar Gitar Lengkap Tahap Demi Tahap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel