>

Tutorial Belajar Gitar Otodidak Untuk Pemula

Di era modern ini, belajar tidak terbatas ruang dan waktu lagi. Belajar dapat dilakukan di mana-mana dan kapan pun, termasuk belajar gitar. Ada banyak cara belajar gitar sendiri yang tentunya sangat cocok untuk pemula yang baru mengenal gitar sekali pun.
cara belajar gitar dasar otodidak untuk pemula
Belajar Gitar Sendiri by pixabay.com
Namun tentu saja dibutuhkan langkah-langkah yang tepat agar tidak bingung mau mulai dari mana. Pada tulisan ini, saya akan memberikan beberapa tips cara belajar bermain gitar untuk pemula dari awal sampai mahir.

Dalam blog ini juga, telah tersedia tutorial belajar gitar untuk pemula mulai dari awal mengenal gitar sampai bermain gitar tingkat tinggi dalam tutorial belajar gitar fingerstyle. Semua artikel tersebut ditulis berdasarkan pengalaman saya dalam belajar gitar yang masih pemula.

Tutorial Belajar Gitar Otodidak Untuk Pemula

1. Belajar Kunci Gitar Dasar

Cara belajar gitar yang pertama adalah mengenal bentuk kunci gitar dasar. Kunci yang paling umum digunakan adalah kunci gitar C, A, F, dan G. Untuk pemula yang baru mengenal gitar sekali pun dapat menguasai kunci dasar tersebut dalam waktu yang singkat, kurang dari 3 hari untuk bisa mempercepat perpindahan chordnya.

2. Belajar Menggenjreng Gitar

Salah satu dan yang paling sering dialami oleh gitaris pemula yang belajar gitar otodidak adalah susahnya menemukan pola genjrengan yang enak didengar. Sebenarnya penyebab genjrengan gitar kurang enak didengar karena penguasaan lagu yang kurang dan kurangnya penjiwaan. Seiring berlajannya waktu dan latihan yang rutin masalah ini dapat teratasi. Tips dari saya sering-seringlah berlatih gitar dan menyanyi.

3. Bermain Lagu dengan Gitar untuk Pemula

Inti dari mahir bermain gitar adalah dapat memainkan lagu. Setelah penguasaan kunci gitar dasar dan dapat menggenjreng gitar maka saatnya untuk mengiringi lagu. Lagu yang cocok untuk pemula adalah lagu yang memiliki progresi chord yang tetap seperti lagu Gaby Tinggal Kenangan. Setelah dapat mengiringi satu lagu kamu sebaiknya masuk ke tahap yang lebih serius lagi.

4. Pahami tentang Nada Dasar

Sebagai pemula, teori seperti ini terkadang cukup membosankan. Karena itu, saat membaca teori akan lebih asyik jika langsung dipraktekkan pada gitar. Nada dasar adalah kumpulan dari beberapa chord yang membentuk chord family. Intinya begini, saat kita bermain di nada dasar C maka perpindahan chordnya hanya seputar nada dasar C, yaitu semua chord family nada dasar C yang terdiri dari 7 Nada, meskipun dengan kunci C, F dan G kamu sudah dapat memainkan lagu dengan gitar.

Agar kamu tidak bingung mau mulai dari mana, ikuti tips belajar gitar pemula di blog Fullmelodies.com. Artikel ini hanya untuk memberikan 4 inti dari beberapa langkah belajar gitar. Bisa dikatakan artikel ini hanyalah konsep dasar dari belajar gitar untuk pemula.

Belajar gitar untuk pemula secara otodidak memang memiliki beberapa keuntungan tanpa kerugian sama sekali. Belajar secara otodidak tidak memiliki kerugian apapun. Belajar secara otodidak membuatmu lebih rajin belajar sendiri dan tentunya belajarnya pun gratis dari blog maupun video youtube.

Demikianlah cara belajar gitar sendiri untuk pemula, teruslah berlatih sampai mahir. Belajar gitar membutuhkan konsitensi dan pikiran. Saya pernah membaca bahwa orang yang pandai bermain musik dalam hal ini bermain gitar memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini benar atau tidak, sebenarnya saya tidak peduli. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Tutorial Belajar Gitar Otodidak Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel