>

Kumpulan Teknik-teknik Gitar Dasar Sampai Fingerstyle

Tutorial Belajar Gitar part 11: Teknik-teknik Bermain Gitar Solo, Dasar Bermain Fingerstyle


teknik gitar fingerstyle
Sumber : Pixabay.com
Teknik-teknik dalam bermain gitar melodi dan fingerstyle merupakan suatu cara menghasilkan variasi dalam permainan gitar. Tanpa teknik-teknik dasar gitar melodi, permainan gitar melodi akan terasa hambar, layaknya sayur tanpa garam.

Hal ini akan kamu rasakan setelah mengikuti tutorial 9: cara mengiringi lagu dengan gitar melodi yang hanya berupa basic bermain melodi yang akan membosankan ketika sudah terbiasa memainkan melodi lagu yang sama tanpa teknik-teknik yang dapat menambah variasi bermain melodi.

Untuk dapat menikmati rasa sayur yang amazing anda harus memberikan resep yang istimewa dan bumbu yang berkualitas. Demikian halnya dengan bermain melodi gitar, anda harus bisa menyisipkan teknik-teknik bermain yang membuat permainan gitar lebih hidup dengan variasi yang tidak membosankan.

Apa manfaat menguasai teknik-teknik dasar dalam gitar melodi?

1. Menyisipkan teknik-teknik yang tepat dalam bermain gitar melodi memperkaya permainan gitar sehingga tidak membosankan
2. Menambah speed bermain melodi
3. Memudahkan gitaris dalam berimprovisasi

Setelah anda mengikuti tutorial teknik-teknik gitar melodi ini, anda diharapkan mampu untuk:

1. Menguasai beberapa teknik dasar bermain gitar melodi
2. Membuat variasi bermain gitar solo sendiri
3. Mengetahui simbol teknik-teknik gitar dalam tab melodi

Sebelum melangkah ke tahap belajar teknik-teknik gitar solo, ada baiknya anda mengenal tentang cara membaca TAB gitar, secara khusus mengenal metode penulisan teknik-teknik gitar dalam tab gitar.

Berikut cara membaca Tabulator gitar paling dasar.

1. Senar gitar
teknik belajar melodi gitar
Sumber : Wikihow.com

Pada tabulator gitar, senar ditunjukkan secara langsung, yaitu E A D G B E atau senar 6 5 4 3 2 1, dan secara umum tab gitar tersusun sesuai dengan posisi gitar, senar 6 ke senar 1 dari atas ke bawah.

2. Tab gitar chord dan tab gitar melodi

Salah satu yang terpenting dalam membaca tab gitar adalah membedakan antara tab chord dan tab gitar melodi. Tab gitar yang menunjukkan bentuk chord disusun dengan cara sejajar secara vertikal dimainkan secara bersamaan dan tab gitar melodi disusun secara horizontal yang dimainkan nada per nadanya pada fret gitar sesuai dengan petunjuk tabulator.

- Gambar Tab Gitar Chord 
teknik belajar melodi gitar
Sumber : gpangky.xyz

- Gambar Tab Gitar Melodi
Sumber : gpangky.xyz

Teknik-teknik bermain gitar melodi

Langsung saja, berikut beberapa teknik dalam bermain gitar melodi atau gitar solo..

1. Slide

Slide adalah teknik membunyikan 2 nada atau beberapa nada dalam satu kali petikan dengan cara menggeser jari dari nada pertama ke nada berikutnya tanpa mengangkat jari atau dengan kata lain jari tetap menempel pada senar dan fret gitar saat berganti nada.
teknik belajar melodi gitar slide
tutrialgitarq.blogspot.com
Cara melakukan teknik slide berdasarkan Tab gitar di atas :

- Letakkan jari manis di senar 1 = E pada fret ke 7
- Petik senar 1 dan geser jari manis ke arah depan tanpa mengangkat jari menuju ke senar 5
- Letakkan jari tengah di  senar 2 = B pada fret ke 5
- Petik senar 2 dan geser jari tengah ke arah belakang menuju fret ke 7.

2. Hammer on

Sesuai dengan namanya, hammer atau palu merupakan teknik membunyikan 2 atau lebih nada dalam sekali petikan dengan cara memukulkan jari yang lain pada nada di depan nada pertama dengan cepat sebelum bunyi nada berhenti.

teknik belajar melodi gitar hammer on
tutrialgitarq.blogspot.com

Cara melakukan teknik hammer on tab gitar di atas :

- Petik senar 1 fret 0 dan pukulkan jari manis ke fret 3 dengan cepat
- Petik senar 1 fret 0 dan pukulkan jari ke fret 3 dan fret 5 secara berturut-turut.

3. Pull of

Pull of merupakan kebalikan dari teknik hammer on. Teknik pull of dilakukan dengan cara mengangkat jari pada nada pertama untuk membunyikan nada kedua dibelakang nada pertama.

teknik belajar melodi gitar pull of
tutrialgitarq.blogspot.com

Cara melakukan teknik pull of berdasarkan tab gitar di atas :

- Letakkan jari manis di fret 5 dan fret 7
- Petik senar 1 dan lepas tekanan jari di fret 5 sehingga bunyi nada kedua berada pada fret 7

4. Bending

Teknik bending adalah teknik untuk membunyikan nada yang lebih tinggi dari nada asli pada fret gitar yang sama dengan cara mendorong senar ke arah atas. Umumnya teknik ini dilakukan menggunakan senar bass pada gitar.

teknik belajar melodi gitar bending
tutrialgitarq.blogspot.com
5. Release

Teknik release adalah kebalikan dari teknik bending. Teknik release adalah teknik mengembalikan nada hasil bending ke nada asli (pertama) sama seperti pada saat pre-bending atau sebelum melakukan bending.

6. Vibrato

Teknik vibrato adalah kombinasi dari teknik bending dan teknik release. Sesuai dengan namanya, teknik vibrato adalah teknik menggetarkan bunyi nada dengan cara mendorong senar gitar ke arah atas dan bawah secara bergantian pada fret yang sama dalam waktu yang disesuaikan waktu tertentu sesuai lagu dengan tujuan menghasilkan nada yang menyerupai vibra (Getaran) pada teknik vokal.
teknik belajar melodi gitar vibrato
tutrialgitarq.blogspot.com
7. Fretting note

Fretting note atau me-mute senar gitar adalah salah satu teknik yang sering digunakan pada permainan menggenjreng gitar. Teknik ini digunakan untuk improvisasi tangan kanan untuk menggenjreng gitar.

8. Holding a pick

teknik belajar melodi gitar fretting note dan hold a pick
gpangky.xyz
Holding Pick adalah teknik memegang pick gitar dengan benar. Ternyata memegang dan menggunakan pick gitar tidak semudah yang dibayangkan. Dalam hal ini, memegang pick gitar yang baik dan benar adalah dengan tanpa mencubitnya. Gambar di atas memperlihatkan cara memegang pick gitar yang benar.

Teknik memegang pick ini sebaiknya dilakukan dengan kenyamanan setiap gitaris. Namun tetap saja, jika salah dalam memegang pick gitar maka dapat membuat tangan pegal dan cepat lelah dan cengkraman pick juga mudah terputar jika posisi memegang pick gitar kurang tepat.

9. Tapping
10. Slap
11. Harmonik

Tiga teknik yang belum dijelaskan di atas merupakan teknik gitar fingerstyle yang termasuk tingkat tinggi dan sulit untuk dijelaskan jika tanpa memegang gitar langsung. Kamu dapat mencarinya di youtube agar lebih mudah diterapkan.

Teknik-teknik di atas merupakan teknik yang wajib anda kuasai jika ingin menghasilkan permainan gitar yang lebih menakjubkan dan memukau. Sangat mungkin bagi anda untuk menciptakan teknik bermain melodi gitar sendiri.

Penting untuk diingat bahwa teknik-teknik gitar yang anda gunakan dan sisipkan pada ketukan tertentu harus dapat menyampaikan makna lagu yang anda mainkan.

Demikianlah artikel tentang teknik-teknik dasar dalam bermain gitar melodi dan fingerstyle. Pada tutorial belajar gitar selanjutnya, kita akan membahas tentang kombinasi bentuk melodi dan formula chord. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Kumpulan Teknik-teknik Gitar Dasar Sampai Fingerstyle"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel