>

Dasar dan Inti Belajar Gitar Fingerstye Yang Mudah Diterapkan

Tutorial Belajar Gitar part 10:
Teknik dan Cara Mudah Bermain Gitar Fingerstyle Paling Sederhana Khusus Pemula


belajar gitar fingerstyle sangat sederhana
Gambat : Pixabay.com
Sebelumnya, kita telah belajar tentang cara mengiringi lagu dengan gitar melodi. Sesuai dengan hasil latihan, pada saat itu, kita hanya menggunakan nada melodi yang tentunya akan sangat membosankan jika tidak ditambah dengan bumbu fingerstyle. Eitss... Fingerstyle?? Melody aja masih sulit apalagi fingerstyle? Kalau begitu, sebaiknya kamu kembali ke tutorial gitar sebelumnya untuk mempermantap permainan gitar melodi.

Pahami lebih dalam mengenai (1 2 3 4 5 6 7 1' = DO RE MI FA SOL LA SI DO' = C D E F G A B C')

Tidak ada teknik khusus dalam belajar fingerstyle yang sangat dasar ini. Bahkan tidak susah sama sekali karena kamu hanya akan menggunakan teknik latihan yang kamu sukai dan berasal dari cara bermainmu sendiri. Namun tentunya kamu harus menguasai beberapa hal, termasuk kecepatan berpindah chord dan memetik senar gitar. Itu adalah modal penting yang akan membawamu ke teknik fingerstyle dengan teknik improvisasi ala Nathan dan Sung Ha Jung.

Dasar bermain fingerstyle berawal dari bermain gitar melodi menggunakan senar senar 1, 2, dan 3. Pada tahap awal bermain gitar melodi, kita telah mempelajari cara bermain gitar melodi dengan mengiringi lagu Gaby Tinggal Kenangan dengan melodi dasar nada tunggal yang akan dilanjutkan dengan fingerstyle "kasar".

Sebelum melanjutkan tutorial dasar fingerstyle ini, saya akan berasumsi bahwa kamu setidaknya telah menguasai tiga hal ini :

1. Mengetahui chord atau kunci gitar lagu Tinggal Kenangan.
2. Dapat mengiringi lagu Tinggal Kenangan dengan menggunakan genjrengan.
3. Menguasai melodi dasar lagu Tinggal Kenangan by Gaby.

Jika asumsi saya benar maka kamu diizinkan untuk melanjutkan ini dan jika tidak kamu harus menguasai 3 poin di atas jika ingin mengenal fingerstyle yang paling dasar.

Tahap Fingerstyle Paling Dasar

1. Persiapkan lagu Tinggal Kenangan yang sebelumnya telah kamu kuasai dengan penuh.

2. Pasang chord pertama, sesuai dengan lagunya (tanpa intro) kita akan memulai dari kunci/chord gitar C.

3. Pada chord C tersebut, bunyikan nada pertama, yaitu nada tunggal DO pada senar 1 kolom 1 bersamaan dengan dibunyikannya senar bass pada senar 5 kolom 3.

4. Kunci utama dari fingerstyle dasar adalah memetik senar gitar secara bersamaan pada saat chord pertama (setiap berpindah chord baru).

5. Tidak ada rumus yang pasti dalam hal ini kecuali kamu menggunakan Tab Gitar. Jika kecepatan tangan sudah baik, maka improvisasi dan juga bermain fingerstyle dasar ini tidaklah sulit.

Sekali lagi, inti dari menguasai fingerstyle adalah :

- Memetik senar Bass dan Melodi secara bersamaan pada chord pertama untuk membunyikan not atau nada melodi pertama

- Membunyikan banyak nada di antara nada-nada melodi tunggal suatu lagu.

Misalnya, pada lagu Tinggal Kenangan, pada bagian pertama 1 5 3 2

Per = 1
na = 5
A = 3
da = 2

Bentuk chord C

- Nada 1 kamu membunyikan senar melodi tunggal digabung dengan petikan bersamaan petikan bass.

- Nada 5 kamu akan membunyikan senar satu (melodi tunggal) yang tidak menutup kemungkinan kamu juga akan membunyikan senar lainnya bergantian dengan sangat cepat.

Bentuk chord G

- Nada 3 kamu sudah membentuk chord gitar G yang akan lebih enak didengar jika kamu bunyikan lagi dengan petikan bersamaan pada senar bass 6.

- Nada 2 kamu dapat membunyikan nada lainnya juga sesuai dengan ketepatan dan kesesuaian bunyi.

Memang ini akan susah jika tidak dipraktekkan dan dibaca secara berulang-ulang.

Permainan gitar fingerstyle menuntut keserasian dan ketepatan bunyi terlebih jika telah menggunakan banyak teknik-teknik bermain gitar. Pelajaran ini hanya bertujuan untuk mengenalkan kamu tentang cara bermain gitar fingerstyle yang pastinya akan sangat berguna dalam mengantarmu untuk berimprovisasi sendiri.

*Fingerstyle adalah salah satu cara bermain gitar dengan membunyikan banyak nada di antara nada tunggal di mana nada tunggal adalah nada do re mi yang memperdengarkan alunan melodi suatu lagu sesuai dengan bunyi vokal dari lagu tersebut. Banyak nada dapat mengacu ke berbagai bunyi dan teknik lainnya pada nada bass dan melodi (senar 1,2, dan,3).

Penting untuk diketahui, dalam membunyikan iringan fingerstyle nada yang digunakan harus nada yang lebih rendah dari pada nada vokal dari lagu tersebut. Hal ini bertujuan agar nada vokal lagu tidak tertutupi oleh nada iringan yang lebih tinggi. Misalnya, nada vokal lagu berada pada senar 2 maka kamu hanya dapat membunyikan sebagai iringan fingerstyle nada pada senar 3, 4, 5, dan 6 dan tidak boleh membunyikan senar 1 yang lebih tinggi dari nada vokal.

INTI DARI FINGERSTYLE

1. Memainkan not-not pada fret gitar, yaitu melodi vokal suatu lagu dengan membentuk chord.

2. Menggabungkan petikan bass dan melodi pada ketukan tertentu, terutama pada chord pertama dan saat berpindah chord.

3. Memasukkan dan menyisipkan teknik-tenkik gitar pada ketukan tertentu.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada tutorial fingerstyle yanga sangat dasar ini. Jangan menyerah dan teruslah berlatih fingerstyle karena hanya dengan ketekunan maka sesuatu yang terasa tidak mungkin dapat menjadi mungkin. Semoga bermanfaat!

"Ambil gitar dan mulai memainkan alunan melodi, improvisasi hanya didukung oleh kecepatan tangan dalam fingering (Berpindah chord) dan strumming (Memetik gitar).

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Dasar dan Inti Belajar Gitar Fingerstye Yang Mudah Diterapkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel