>

Langkah Paling Awal Dalam Belajar Gitar, Mengenal Chord Gitar dan Nada Dasar

Tutorial Belajar Gitar part 1: Belajar chord gitar dasar dan family chord


mencari chord gitar lagu sendiri
Sumber Gambar : Pixabay.com
Belajar Gitar dan Nada Dasar dimulai dengan mengenal kord atau kunci yang sering digunakan dan nada dasar. Kunci atau chord dalam gitar adalah hal yang sangat dasar dan mutlak anda kuasai jika ingin belajar gitar. Jika anda ingin menguasai gitar tanpa belajar chord atau kunci dalam instrumen gitar, maka anda sebaiknya berhenti di sini.

Gitar merupakan salah satu alat musik yang telah ada sejak zaman dahulu yang terus mengalami perkembangan hingga di zaman modern ini. Gitar bukanlah alat musik yang asing di telinga saya dan anda. Gitar merupakan sekian dari banyak alat musik yang sangat populer di dunia ini. Begitu populernya alat musik yang satu ini, hampir setiap semua orang tahu cara memainkannya. Mulai dari orang tua, remaja, bahkan anak-anak tidak sedikit yang dapat bermain gitar.

Hal ini dikarenakan gitar merupakan alat musik yang fleksibel dan dapat dimiliki oleh semua kalangan karena harganya yang cukup terjangkau. Saya mengatakan hampir karena masih ada beberapa orang yang tidak dapat memainkan gitar. Bukan tidak sih, tapi belum dapat memainkan gitar. Itu artinya, semua orang termasuk anda memiliki peluang yang sangat besar untuk menguasai alat musik yang satu ini.

Nah, anda hadir di sini dengan tujuan untuk belajar gitarkan? Sebenarnya siapapun bisa memainkan gitar dengan satu syarat mutlak, yaitu latihan. Memang terkadang beberapa orang ada yang dikaruniai bakat tertentu sehingga lebih cepat dalam proses belajar. Namun bukan berarti anda yang lambat menanggap tidak akan pernah mahir bermain gitar.

Ada kemungkinan anda menggunakan dan menerapkan tutorial belajar gitar yang kurang efisien dan tidak sistematis sehingga proses belajar menjadi membosankan. Kunci dalam belajar gitar adalah kesabaran dan ketekunan.
“Practice make perfect”
Setelah mempelajari dan menerapkan tutorial belajar gitar part 1 ini, anda akan menguasai :
1. Mengenal bentuk chord atau kunci gitar dasar 
2. Family chord pembentuk nada dasar 
3. Tips khusus: abaikan istilah-istilah dalam artikel yang sulit dipahami, skip aja dulu!
Tutorial belajar gitar part 1 ini benar-benar dimulai dari nol untuk pemula sehingga cocok untuk anda yang baru belajar bermain gitar. Jangan lupa untuk stem gitar standar menggunakan tunner. Download tunner gitar di playstore!

1. Bentuk Chord atau Kunci Gitar

Hal dasar dan merupakan langkah awal dalam belajar gitar adalah belajar mengenal chord atau kunci gitar. Ada ratusan kunci/chord gitar di dunia ini dan anda tidak perlu menghafal semuanya untuk dapat memainkan suatu lagu.

Cukup dengan 3 bentuk chord gitar dan genjrengan, beberapa lagu sudah dapat anda mainkan dengan iringan gitar. Jika anda benar-benar baru mulai memegang gitar bisa dipastikan bahwa tangan akan terasa sangat kaku dan butuh tenaga yang lebih untuk dapat menyinkornasikan antara tubuh dan pikiran.

Jangankan untuk berpindah dari satu chord ke chord gitar lainnya, membentuk satu chord gitar pun akan terasa sangat sulit. Namun hal itu sangat wajar mengingat anda belum terbiasa dan bisa dipastikan masalah ini akan cepat berlalu.

Berikut beberapa chord gitar dasar yang harus anda hafal dalam tahap awal belajar kunci gitar.


Chord gitar C Major
gambar chord gitar c major
Chord  C Major
Chord gitar D Major
gambar chord gitar lengkap kunci d
Chord D Major

 Chord gitar E Major
gambar chord gitar lengkap
Chord E Major
Chord gitar F Major
gambar chord gitar lengkap f major
Chord F Major
 Chord gitar G Major
gambar chord gitar lengkap
Chord G Major
Chord gitar A Major 
gambar chord gitar lengkap
Chord A Major
Chord gitar Dm (D Minor) 
gambar chord gitar lengkap
Chord Gitar Dm
 Chord gitar Em (E Minor)
gambar chord gitar lengkap
Chord Gitar Em
gambar chord gitar lengkap am
Chord Gitar Am
Jika anda kesulitan membaca diagram atau tabulator kunci gitar di atas, anda dapat melihat chord-chord gitar dengan lebih mudah mengikuti gambar-gambar dibawah ini. 

gambar chord gitar lengkap gambar chord gitar lengkap  

 gambar chord gitar lengkap gambar chord gitar lengkap  
Di samping foto chord gitar di atas terdapat gambar lain yang berisi angka-angka. Itulah yang dinamakan diagram chord. Bagaimana cara membacanya?

Cara membaca diagram chord gitar di atas adalah sebagai berikut 

1. Tanda Silang (X) berarti nada tersebut tidak dibunyikan 
2. Tanda Bulat (O) berarti nada tersebut ikut dibunyikan
3. Angka di luar fret menunjukkan nomor fret.
4. Angka pada bulatan di dalam fret mewakili jari-jari kalian

Keterangan:
jari telunjuk ditunjukkan dengan nomor 1
jari tengah ditunjukkan dengan nomor 2
jari manis ditunjukkan dengan nomor 3
jari kelingking ditunjukkan dengan nomor 4

Tekan hanya pada senar gitar dan fret yang ditunjuk agar suara yang dihasilkan tidak fals. Masalah ini akan berlalu dengan sendirinya selama beberapa hari latihan. Kunci di atas merupakan kunci gitar yang paling dasar. Kamu cukup membentuk kunci di atas dengan perlahan dan jika sudah terbiasa, mulailah belajar memindahkan dari satu kunci ke kunci lainnya dengan kecepatan yang sedikit lebih ditingkatkan.

Pada kenyataannya, beberapa orang yang sudah mahir memainkan gitar hanya mengusai kunci-kunci gitar di atas dan hasilnya mereka dapat memainkan semua lagu dengan enak di dengar dan tidak fals. Butuh beberapa hari bahkan tidak jarang sampai satu minggu hanya untuk belajar chord gitar dan benar-benar menghafal letak dan posisi jari pada kolom gitar untuk dapat membentuk chord gitar.

Dari pengalaman penulis dan kebanyakan teman-teman lainnya, kunci gitar F dan kunci gitar B terkadang menjadi penghambat para gitaris pemula yang terkadang berujung pada keputusasaan. Kedua chord ini memang termasuk chord gitar yang sulit, karena juga merupakan bagian dari chord gitar gantung. Namun hal ini bukanlah sebuah masalah, ketika anda berusaha dengan keras dan tetap santai.

Setelah anda menghafal kunci-kunci gitar di atas, anda dapat belajar menggenjreng/strumming gitar dengan pola 4 ketuk dari atas ke bawah kemudian pindah ke chord lainnya. Sebagai contoh berikut tips dan trik untuk berpindah dari satu chord ke chord lainnya.

Perputaran chord (chord progression) G-C-Am-Em kembali lagi ke chord G-C-Am-Em

Anda dapat membentuk chord G kemudian strumming dari atas ke bawah sebanyak 4 kali dengan tempo yang sama kemudian pindah ke chord C sampai ke chord Em kemudian ulangi lagi dari chord G dan seterusnya sampai tangan anda pegal-pegal. Anda dapat membuat chord-chord progression sendiri (sebaiknya sesuai dengan family chord) untuk melenturkan jari-jari anda. Naikkan tempo kalau anda sudah bisa berpindah chord gitar dengan cepat.

2. Family Chord

Family Chord merupakan gabungan dari beberapa chord gitar yang membentuk suatu nada dasar (basic tone). Seperti yang kita ketahui bahwa nada dasar merupakan kunci dari setiap lagu. Perlu diingat bahwa setiap orang (singer) dapat menggunakan nada dasar yang berbeda pada lagu yang sama.

Contohnya lagu "Gaby Tinggal Kenangan" dinyanyikan oleh Agnes Monica dengan nada dasar C Major tidak menutup kemungkinan bahwa lagu "Gaby Tinggal Kenangan" ini dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari dengan nada dasar D Major, tergantung kenyamanan si penyanyi. Namun hal ini jarang terjadi karena sebuah lagu yang telah familiar dengan nada dasar asli akan membuat penyanyi menggunakan nada dasar yang sama.

Oleh sebab itu, belajar memahami family chord merupakan hal yang sangat penting, meskipun anda dapat menggunakan capo (penjepit senar gitar untuk mengubah nada dasar dengan membentuk kunci yang sama).

Cara Mudah Menghafal Semua Chord Setiap Nada Dasar 

Pelajari Interval Nada

1-1-1/2-1-1-1-1/2
C-D-E-F-G-A-B

*Angka 1 sama dengan 1 Nada = 2 fret gitar
*Angka 1/2 sama dengan Setengan Nada = 1 fret gitar
*Kres = # naik setengah nada
*Mol = b turun setengah nada

NB
*Tidak ada B# karena langsung C
*Tidak ada E# karena langsung F

"Kamu belum perlu memahami ini saat ini juga, tapi kamu akan memahaminya nanti dengan setia mengikuti panduan tutorial belajar gitar ini secara bertahap."

Berikut family chord berdasarkan nada dasar masing-masing jika diterjemahkan dari interval nada di atas.


Do=C

C Dm Em F G Am Bdim

Do=D

D Dm Em G A Bm C#dim

Do=E

E F#m G#m A B C#m D#dim

Do=F

F Gm Am Bb C Dm Edim

Do=G

G Am Bm C D Em F#dim

Do=A

A Bm C#m D E F#m G#dim

Do=B

B C#m D#m E F# G#m A#dim


Langkah awal dalam mengiringi sebuah lagu adalah menentukan nada dasar/basic tones. Misalnya lagu dengan NADA DASAR C=Do maka chord progressionsnya bisa dipastikan hanya berputar di FAMILY CHORD C

Do=C

C Dm Em F G Am Bdim

Terkecuali lagu tersebut mengandung overtone=Perubahan nada dasar saat lagu sedang berlangsung/dimainkan. Mengapa saya menggaris bawahi nada dasar C Major? Nada dasar C Major merupakan nada dasar yang sangat disarankan untuk pemula. Hal ini dikarenakan nada dasar C terdiri dari chord-chord gitar yang mudah dibentuk.

Bagi pemula yang baru belajar gitar mungkin istilah-istilah di atas masih sedikit membingungkan. Oleh karena itu, saya akan memberikan tips dasar yang dapat anda terapkan sehingga family chord di atas dapat anda di skip untuk sementara. Namun ketika anda ingin mendalami seni musik anda harus kembali dan memahami tentang family chord ini.

Satu nada dasar di atas terdiri dari 7 chord gitar. Anda cukup menggunakan chord ke 1 4 5 terhitung dari chord gitar pertama nada dasar. Sebagai contoh :
Nada dasar C=do

C F G

Nada dasar D=do

D G A

Nada dasar G=do

G C D

Nada dasar A=do

A D E
Semua contoh di atas menggunakan chord gitar ke 1 4 5, yaitu CHORD MAJOR dalam family chord. Cukup dengan kunci gitar C, F, dan G anda sudah dapat memainkan beberapa lagu dan jika anda ingin menaikkan nada dasar ke D=do dengan lagu yang sama, gunakan chord D, G, dan A yang juga merupakan chord 1 4 5 pada nada dasar D. Ada banyak sekali jenis-jenis chord gitar namun pada pertemuan pertama ini, anda cukup memahami tentang chord major dan chord minor.

Ketika anda merasa kesulitan memahami beberapa istilah-istilah di atas, anda dapat skip terlebih dahulu karena pada tutorial-tutorial belajar gitar berikutnya kita pasti akan membahasnya lebih lengkap lagi.

Demikianlah artikel tentang tutorial belajar gitar part 1: kunci gitar dasar lengkap dengan gambar dan family chord pembentuk nada dasar. Pada tutorial berikutnya, kita akan membahas tentang cara menggenjreng gitar. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Artikel Baru Gratis Via Email:

0 Response to "Langkah Paling Awal Dalam Belajar Gitar, Mengenal Chord Gitar dan Nada Dasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel